Sabtu, 24 Februari 2018

Cara Multiple Copy/Array Objek Linear - Sketchup Tutorial

Saat kita melakukan modeling dengan sketchup, terkadang ada beberapa objek sama bentuk yang ingin kita perbanyak secara berurutan, berderet dengan jarak spasi yang sama. Misalnya kita ingin mempebanyak anak tangga, unit kavling rumah dan lain sebagainya. Bisa dilakukan dengan cara Copy biasa jika jumlahnya sedikit. Misalnya hanya memperbanyak 2 atau 3 objek.  seperti yang telah kita bahas pada postingan sebelumnya mengenai cara Mengcopy objek Bagian-1 & 2

Tapi, bagaimana jika jumlahnya banyak?
Tentu akan menyita waktu & menjengkelkan jika dilakukan dengan cara copy satu per satu. Solusinya adalah dengan Cara Multiple Copy atau istilah lainnya Copy Array.
Sketchup menyediakan fitur ini walau tidak sepesifik dengan tools khusus. Yaitu dengan menggunakan tools move dengan kombinasi keyboard "+" diawali atau diakhiri dengan simbol khusus tombol keyboard  slash "/" & tombol keyboard  "x".

Meultiple copy ini bisa diterapkan untuk array linear/paralel, radial juga diagonal. Pada kesempatan ini kami coba kita fokus di basic dulu yaitu copy array linear/paralel.

Silahkan amati & pelajari gambar di bawah ini. Klik saja untuk membuka/memperbesar.

Multiple Copy Cara - 1 

Cara Multiple Copy/Array Objek Linear - Sketchup Tutorial

  1. Pilih objek yang akan kita perbanyak/copy
  2. Klik icon Move atau tekan huruf "M" pada keyboard.
  3. Tekan Ctrl 1 kali  saja. Maka akan tampil tanda + pada ikon Move  menandakan perintah Copy, Bukan perintah move. Jika ditekan Ctrl lagi maka perintah adalah Move (Memindahkan)
  4. Tentukan base point copy dengan mengklik di layar(luar objek) atau di titik point tertentu pada objek. Tergantung kebutuhan anda.
  5. Gerakan mouse untuk menentukan arah copy. Misalnya ke atas. Tergantung kebutuhan anda. Lebih baik lagi membuat acuan atau garis bantu
  6. Klik setelah anda menentukan Titik kedua. Jangan melakukan tindakan klik atau perintah lainnya.
  7. Ketik pada keyboard "/4" lalu Enter. Artinya kita akan meng-copy sebanyak 4 dengan cara menambahkan 3 objek lagi diantara objek awal dan objek akhir

Multiple Copy Cara - 2

Cara Multiple/Copy Array Objek di Sketchup - ncep tutorial

  1. Pilih objek yang akan kita perbanyak/copy
  2. Klik icon Move atau tekan huruf "M" pada keyboard.
  3. Tekan Ctrl 1 kali  saja. Maka akan tampil tanda + pada ikon Move  menandakan perintah Copy, Bukan perintah move. Jika tekan Ctrl lagi maka perintah adalah Move (Memindahkan)
  4. Tentukan base point copy dengan mengklik di layar(luar objek) atau di titik point tertentu pada objek. Tergantung kebutuhan anda.
  5. Gerakan mouse untuk menentukan posisi & arah copy. Misalnya ke kiri, kanan, objek asli. Tergantung kebutuhan anda. 
  6. Klik setelah anda menentukan Titik kedua. Jangan melakukan tindakan klik atau perintah lainnya.
  7. Ketik pada keyboard "4x" lalu Enter. Artinya kita akan meng-copy sebanyak 4 objek dengan cara menambahkan 3 objek lainnya setelah objek akhir.
Note:

  • Cara ke-1 & ke-2 perbedaanya adalah pada langkan menempatkan objek yang akan di perbanyak. Silahkan anda explore, latihan & experimen sendiri.
  • Perhatikan cara entri keyboard "/"  & "x"-> bisa didepan atau belakang jumlah copy. Yang penting tidak ada spasi. karena spasi adalah perintah untuk pointer seleksi.
  • Contoh / : "/4"  atau "4/"
  • Contoh x : "x4"  atau "4x"

Sebenarnya sudah kami buatkan video sederhana. Entah kenapa oleh youtube di anggap melanggar kebijakan & di hapus. Kami coba upload lagi, silahkan di infokan jika tidak ada videonya. :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar