Kamis, 08 Februari 2018

Aplikasi WhatsApp Business

Aplikasi WhatsApp Business
Pada kesempatan saya coba membuat review Aplikasi baru dari WhatsApp yaitu WhatsApp Bussiness. Jika boleh saya terjemahkan dengan bahasa ngapak saya adalah WhatsApp untuk Bisnis....hehehe.

Anda  dapat mendownload langsung aplikasi WAB Android ini di PlayStore secara gratis. Menurut pihak WhatsApp, aplikasi ini didesain khusus untuk kita yang bergerak di bidang usaha/bisnis kecil. Katanya dengan aplikasi ini, para bisnis dapat berinteraksi dengan pelanggan secara mudah menggunakan fitur-fitur untuk mengotomatisasi, menyortir, dan merespons pesan secara cepat.


Jadi... apa sih fitur-fitur canggih WAB ini?, berikut adalah beberapa fitur canggih yang sudah saya coba & memang benar-benar canggih. :

1. Bisa Balas Chating dengan Cepat

Dengan balas cepat ini kita dapat membalas pertanyaan-pertanyaan customer/pelanggan kita dengan beberapa huruf atau kata saja. Contoh:
Saat chat, pembeli menanyakan: "Berapa lama barang dikirimnya pak?". 
Kita tidak perlu ketik proses & lamanya pengiriman barang. Kita hanya cukup mengetikan "/lamakirim" lalu send.
Ke WA calon pelanggan akan menjadi:  "Untuk pengiriman setelah Bpak/Ibu konfirmasi pembayaran paling cepat 3 hari & paling lama 7 hari" 

Lah kok bisa...??? hehehe. Tentu saja kita harus meyiapkan & mensetting semua itu terlebih dahulu. Kita bisa menyimpan dan menggunakan kembali pesan-pesan chat  yang sering kita kirim/gunakan dalam menjawab semua pertanyaan umum calon pembeli dengan mudah dan cepat.

2. Profil Bisnis
Namanya WAB (WhatsApp Businnes) tentu kita perlu menginformasikan secara singkat profile bisnis kita, Dari mulai nama/merek produk, Alamat toko/kantor, Email, Website, dll. Semuanya kita tinggal isikan saja dengan mudah. Tidak beda jauh lah dengan kita membuat status di WA biasa.

3. Bisa Respon & Balas Pesan Otomatis Saat Kita Offline

Anda dapat menseting pesan di luar jam kerja ketika sobat sedang tidak bias membalas pesan. Misalnya ketika sedang offline, HP mati lagi di charge atau lainnya. Tujuan fitur ini supaya pelanggan atau calon pelanggan tahu kapan mereka akan menerima balasan. Kita juga bisa menseting
& membuat salam pembuka untuk memperkenalkan pelanggan mengenai bisnis kita.

Sebelum mengunduh/menginstall  aplikasi WAB ini di HP sobat, mohon perhatikan yang berikut:
  1. Jika Sobat memiliki akun WhatsApp Messenger yang sudah ada (WA Lama/Biasa), Sobat bisa memilih opsi untuk memigrasikan/memindahkan  riwayat chat WA lama ke akun WhatsApp Business baru kita. 
  2. Sebelum menginstall WA Bussines ini, sebaiknya sobat lakukan dulu pencadangan. Ini untuk menghindari kesalahan & kegagalan saat install. Atau sobat salah memilih opsi.
  3. Saat kita telah menggunakan WA Bussiness lalu kita  memutuskan untuk berhenti menggunakan WhatsApp Business, maka riwayat chat WA Bussiness kita tidak dapat dimigrasikan kembali ke WhatsApp Messenger Biasa,
  4. Kita dapat menggunakan kedua aplikasi, WhatsApp Business dan WhatsApp Messenger secara bersamaan. Akan tetapi, setiap aplikasi WAM & WAB harus memiliki nomor telepon masing-masing. Saat pertama kali saya install WAB maka nomor WA Messenger menjadi WA Bussiness. Kebetulan Nomor satunya lagi di HP belum di daftarkan WA, maka WA pribadi.personal saya alihkan ke nomor satu lagi tersebut. Jadi sobat harus extra hati-hati dalam melakukan pengaturan WAM & WAB.
Demikian informasi seputar WA Bussiness. InsyaAlloh pada tulisan berikutnya saya coba berikan tutorial lebih detai mengenai cara install & setting WA Bussiness ini.


Semoga Bermanfaat. Terima Kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar