Sabtu, 17 Februari 2018

Tipe Data C# Unity3D

Tipe Data C# Unity3D
Mau tidak mau, suka tidak suka, jika teman-teman ingin mempelajari unity minimal mengerti dasar pemograman C# atau JavaScript. Sebenarnya sih tidak harus menjadi programmer kalo kata teman saya mah...:)  Yang terpenting adalah mengerti if-then (jika-maka) seperti yang udah saya share beberapa hari lalu.

Nah if-then ini memang berfungsi untuk menguji variable yang kita deklarasikan sebelumnya. Variable ini umumnya berisi tipe data tertentu. Ga usah saya dijelaskan definisi data.  Pasti udah ngarti semua...hehehe.

Menurut saya sih Tipe data Unity secara Global/Umum ada 3 jenis.

1. Tipe data bawaan C# (built-in). Contoh: Int, float, string, bool, dll.
2. Tipe data yang dibuat sendiri oleh pemrogram Unity. Yaitu tipe data kustom yang ada di API atau framework nya. Contoh GameObject, Camera, Light, dll
3. Tipe data buatan kita sendiri sebagi turunan dari class objek-objek tipe data di atas.

Bingung ya?  Sama saya juga bingung...wkwkwk.  Slowly lah... nanti juga seiring waktu berjalan akan mengerti dengan sendirinya. Yang  penting mau belajar & praktek.

Next kita coba bahas 1 by 1.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar