Jumat, 09 Maret 2018

Cara menyimpan & membuka file SketchUp yang ukuran filenya besar


Cara menyimpan & membuka file SketchUp yang ukuran filenya besar
Melakukan modeling di Sketchup sangat mudah dan cepat, apalagi dengan adanya Gudang 3D Warehouse. Banyak komponen yang bisa kita gunakan untuk melengkapi modeling utama kita. Kadang  kita yang terbiasa mendownload komponen dari 3Dwarehouse tidak pernah memperhatikan ukuran filenya.  Bisa jadi mungkin kita tak sadar saat mendownload dari Gudang file Sketchup yang  terkadang file sangat besar bisa mencapai 50, 100, 200 atau bahkan 300 MB. Biasanya model ini detail & banyak poligon. Umumnya seperti model proyek arsitektur interior & eksterior yang banyak pernak pernik komponennya..hehehe

Jika ukuran file sebesar itu mungkin kita butuh waktu 1, 2  menit atau bahkan beberapa menit. Jika komputernya jadul seperti komputer odong-odong saya ga kebayang dah bete & kesal saat save & membukanya kembali. Lebih parah lagi kadang tidak kebuka atau gagal save..nah..loh... mana besok mau di setor ke owner..Hahaha.

Lalu bagaiman caranya supaya Buka & simpan  file Sketchup dengan sangat cepat? :)
Sebenarnya triknya sangat sederhana sih. , adalah dengan mengaktifkan mode Wireframe saat anda ingin save file. Silahkan aktifkan, Jika dari menu klik View> Face Styles> Wireframe.
Cara menyimpan & membuka file SketchUp yang ukuran filenya besar
Jika anda telah mengaktifkan toolbar style tinggal pilih sajah ikon Style WireFrame.
Cara menyimpan & membuka file SketchUp yang ukuran filenya besar

Dari pengalaman saya, menyimpan file dalam keadaan mode style "Wireframe" bisa 2 s/d 3 kali lebih cepat ketimbang save dengan mode "Shaded With textures". Berarti dapat kita ambil kesimpulan kalo save dalam model wireframe cepat maka buka/load dalam model wireframe juga akan sama cepat. Paling-paling mungkin ada perbedaan sedikit saja.
Ga percaya...??? Silahkan coba buka file anda yang paling besar. hehehe.

Demikian sedikit tips dari pengalaman saya. Silahkan bagikan/share kepada teman-teman yang sering bekerja dengan projek model file besar. Semoga bermanfaat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar