Rabu, 04 April 2018

Cara mudah membuat atap jurai tanpa plugin

Cara cepat membuat atap jure tanpa plugin
Seperti biasa, postingan ini saya buat karena ada teman yang menanyakan cara membuat atap. Untuk jenis atap pelana/sofi-sofi mungkin tidak terlalu sulit. Namun untuk atap model limas, joglo, perisai/jurai mungkin perlu sedikit trik. Pada dasarnya sama saja, yang penting anda mengerti penggunaan tools axis & protactor, karena atap memiliki kemiringan sudut tertentu yang tidak paralalel & tegak lurus terhadap sumbu default sketchup.

Memang banyak plugin sketchup untuk mempermudah dalam membuat dasar atap. Namun sebenarnya dengan tools standar SketchUp juga mudah membuatnya. Keuntungannya keahlian anda akan bertambah ketimbang menggunakan plugin. 
Cara mudah membuat atap jurai tanpa plugin

Jika telah sering membuat atap dengan bentangan baku & tertentu akan semakin cepat lagi. Anda tinggal membuat garis bantu sebagai tinggi kuda-kuda. Misalnya: bentangan atap 8 meter dengan sudut kemiringan 35 derajat maka anda bisa langsung membuat  tinggi kuda-kuda berkisar 2,8 meter. Langkah selanjutnya anda dengan mudah tinggal menari garis untuk dijadikan garis jurai. 
Cara mudah membuat atap jurai tanpa plugin

Coba saya ingatkan lagi rumus segitiga siku dimana L=1/2 alas x tinggi. Atau dengan menggunakan rumus phytagoras a2=b2 + c2. Cara ini pun digunakan oleh si mamang tukang untuk menyiku bangunan dengan membuat perbandingan antar tinggi, alas & sisi miring. Misalnya
3m:4m:5m
60cm:80cm:100cm
120cm:180cm:200cm
dan sebagainya..

Baiklah kembali ke topik utama silahkan tonton video sederhana ini. Ini adalah salah satu cara membuat atap dengan menggunakan axsis & protactor. Jika ukuran/dimensi bentangan sering anda gunakan dalam membuat model atap. Maka sebaiknya di catat tinggi & sudutnya. Sehingga dalam membuat model anda tak perlu merubah axis & menggunakan protactor. Cukup membuat garis bantu sebagai tinggi tinggi kuda2. Semakin banyak anda mencatat & mengingat maka akan semakin cepat membuat model atap. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

1 komentar:

  1. Dikasih Tahu: Cara Mudah Membuat Atap Jurai Tanpa Plugin >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Dikasih Tahu: Cara Mudah Membuat Atap Jurai Tanpa Plugin >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Dikasih Tahu: Cara Mudah Membuat Atap Jurai Tanpa Plugin >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK tN

    BalasHapus